Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII


Rapat Kerja Pemimpin dan Anugerah Kampus Unggulan Tahun 2021

27 November, 2021

Dalam rangka melaksanakan fasilitasi peningkatan penyelenggaraan pendidikan tinggi, LLDIKTI Wilayah VII menyelenggarakan Rapat Kerja Pemimpin (Rakerpim) Perguruan Tinggi dan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) Tahun 2021 yang diselenggarakan pada tanggal 24 November 2021 di Grand Mercure Hotel Malang dengan tema “Fasilitasi Transformasi Perguruan Tinggi”. 


Narasumber Rakerpim dan  AKU Tahun 2021 adalah Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemdikbudristek Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng dan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. Peserta yang hadir secara daring adalah 218 Pimpinan Perguruan Tinggi, sedangkan undangan yang hadir secara luring sejumlah 100 Pimpinan Perguruan Tinggi. 


Anugerah Kampus Unggulan (AKU) bagi perguruan tinggi swasta dilaksanakan setiap tahun bertepatan dengan Rapat Kerja Pimpinan sejak tahun 2009, melalui penghargaan ini k diharapkan dapat memberi dorongan dan motivasi bagi perguruan tinggi guna meningkatkan kualitas pengelolaan kelembagaan dan sumber dayanya sekaligus sebagai ajang tukar gagasan untuk mewujudkan misi bersama mengembangkan Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan Tinggi. 


Kegiatan dibuka oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VII Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA. Dalam sambutannya, Kepala LLDIKTI Wilayah VII menyampaikan bahwa “Dirjen Dikti dalam beberapa waktu mengapresiasi pelaksanaan Rakerpim LLDIKTI Wilayah VII yang selalu berjalan sukses tiap tahunnya karena  dihadiri oleh Rektor Perguruan Tinggi Negeri”. Prof. Suprapto juga menyampaikan mengenai kondisi Pandemi yang membuat kita lebih sadar bahwa teknologi sangat dibutuhkan sehingga ada tambahan penghargaan kepada Perguruan Tinggi dengan implementasi MBM terbaik berkat kreatifitasnya.


Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemdikbudristek Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. dalam paparannya menjelaskan bahwa ada dua Transformasi yaitu Transformasi Digital dan Transformasi di Perguruan Tinggi yang menuju Perguruan Tinggi 4.0 melalui Kampus Merdeka Merdeka Belajar (MBKM) untuk menjaga relevansi Perguruan Tinggi di dunia Kerja.


Berikutnya Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. menjelaskan bahwa pada Arah Kebijakan Nasional Pengembangan Vokasi dimana SoftSkill pada pelaksanaan Pembelajaran sangat penting agar pengembangan SDM (Sumber daya Manusia) dalam hal ini adalah mahasiswa agar dapat menjawab tantangan di dunia kerja.


Anugerah Kampus Unggulan Tahun 2021 diberikan kepada 19 Perguruan Tinggi Swasta dari kategori bentuk Perguruan Tinggi Akademik, yakni Universitas, Institut, Sekolah Tinggi dan Perguruan Tinggi Vokasi, yakni Politeknik, Akademi dan Akademi Komunitas).  Selain Penghargaan AKU, LLDIKTI Wilayah VII juga memberikan Anugerah Kampus Unggulan Bidang Khusus kepada 40 Perguruan Tinggi Swasta dengan 11 kategori  antara lain Kinerja Bidang Kemahasiswaan Terbaik, Akselerasi Jabatan Akademik Terbaik, Akselerasi Pengelolaan Perguruan Tinggi Baru Terbaik dan Humas Perguruan Tinggi Terbaik.