Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII


Rapat Koordinasi Bidang Kemahasiswan Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII

11 November, 2021

Malang-Dalam rangka menyelaraskan tujuan keberhasilan Bidang Kamahasiswaan di Perguruan Tinggi, LLDIKTI Wilayah VII menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Kemahasiswan Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII pada hari Senin tanggal 8 November 2021 di Dome Universitas Muhammadiyah Malang secara Luring yang diikuti oleh 246 orang peserta yang merupakan Pimpinan Bidang Kemahasiswaan PTN dan PTS serta perwakilan dari Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia Jawa Timur.

​Kegiatan ini diawali dengan Sambutan Sekretaris Lembaga LLDIKTI Wilayah VII Dr. Widyo Winarso, M.Pd yang menjelaskan tentang kebijakan Bidang Kemahasiswaan, dimana kebijakan tersebut harus di cermati dan di manage dengan lebih baik mengunakan kolaborasi dan kerjasama, karena keduanya merupakan indikator yang penting di Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Selanjutnya Sambutan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Malang Dr. Fauzan, M.Pd dan Sambutan Perwakilan Forum Komunikasi Bidang Kemahasiswaan Jawa Timur Dr. Nur Subeki, ST., MT.

​Rapat Koordinasi Bidang Kemahasiswaan dibuka oleh Kepala Lembaga LLDIKTI Wilayah VII Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA yang juga menyampaikan arahan kepada peserta yaitu Kebijakan Bidang Kemahasiswan diantaranya Bidang Penalaran, Bidang Kreativitas, Bidang Kesejahteraan Mahasiswa Bidang Minat Bakat, Bidang Organisasi Mahasiswa dan Bidang Penyelarasan Dunia Kerja harus disesuaikan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), karena ada Perguruan Tinggi masih sedikit yang melaksanakan MBKM. Harapannya agar Perguruan Tinggi Kedepannya dapat melaksanakan MBKM sebagaimana mestinya.

​Narasumber yang memberikan materi Kebijakan/Program 2021 dengan sub materi pertama Bidang Kemahasiswaan MBKM oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahsiswaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi kemdikbudristek Prof. Drh. Aris Junaidi, P.hd dan sub materi kedua Kompetisi/Lomba Dikti Oleh Kepala Puspresnas yang diwakili oleh Koordinator Pokja Dikti Rizal Alfian, S.Kom., M.A dilanjutkan dengan sub materi ketiga Beasiswa dan KIP-K oleh Kepala Puslapdik Dr. Abdul Kahar, M.Pd dan sub materi keempat oleh Kepala Puspeka Dr. Hendarman, M.Sc., P.hd.

​Acara di tutup dengan Sharing Session dengan materi Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan dan Kinerja Bidang Kemahasiswaan Perguruan Tinggi yang dilanjutkan dengan Diskusi Kelompok pada pokok bahasan “Temu Kenali Permasalahan Bidang Kemahasiswaan dan Usulan/Rekomendasi Solusi”.