Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII


Dialog Kampus Merdeka (MBKM) bersama Mendikbudristek Nadiem Makarim se Jawa Timur

22 October, 2021

Surabaya, Kamis (21/10/21) Mendikbudristek mengadakan Dialog Kampus Merdeka dengan Pimpinan Perguruan Tinggi (PT) se-Jawa Timur di Kampus ITS yang digelar secara hybrid. Pada dialog kali ini Nadiem Anwar Makarim, BA MBA didampingi oleh Dirjen Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, ST MSc PhD, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof Ir Nizam, MSc DIC PhD, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII, Prof Dr Ir Suprapto, DEA, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari, Meng dan sebagai tamu undangan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Dr H Emil Elestianto Dardak BBus MSc. acara ini dihadiri secara luring oleh 10 PTN, 39 PTS di wilayah surabaya dan sekitarnya serta 32 PT hadir secara daring.
Dialog tentang program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan para pimpinan PT sangat dibutuhkan demi suksesnya program Kampus Merdeka Belajar ini. membuka diskusi, Mas Menteri mengutarakan, harapannya program ini akan menjadi sistem Perguruan Tinggi yang akan dicontohkan kepada negara-negara lain, “mungkin Indonesia salah satu negara dimana semua perusahaan, yayasan non profit, research project itu semuanya bisa menjadi mini universitas” ucap Nadiem.
Pada forum diskusi ini, Kepala LLDIKTI Wilayah VII, Prof Dr Ir Suprapto, DEA juga menyatakan bahwa semua kampus PTS di Jawa Timur yang berjumlah 328 PTS siap mendukung, menyongsong program Merdeka Belajar  Kampus Merdeka yang disambut tepuk tangan oleh undangan yang hadir.
Mengakhiri dialog Kampus Merdeka Nadiem berpesan kepada pimpinan PT agar saling bahu membahu, rangkul yang belum mengerti atau yang masih takut dengan perubahan ini dan “sebagai pemimpin di masing-masing institusi harus mengambil posisi yang jelas biar kampus kita benar-benar merdeka” pungkasnya.