Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII


Pelatihan Penyusunan Proposal PKM PTS Kopertis Wilayah VII (Angkatan I)

24 July, 2012

Untuk menghasilkan lulusan Perguruan Tinggi yang kreatif dan mandiri, maka perlu diadakan kegiatan pelatihan yang memancing kreatifitas mahasiswa. Salah satu kegiatan tersebut adalah, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Sebagai persiapan mengikuti PKM, sebelumnya mahasiswa perlu mendapat pembekalan untuk menyusun proposal. Hal ini diperlukan, agar mereka tidak membuang banyak waktu, untuk melakukan revisi ketika memasuki proses administrasi.

Mewakili koordinator Kopertis Wilayah VII Jawa Timur, Kepala Bagian Ujian Negara dan Kemahasiswaan, Drs. Sudaryanto MM mengatakan, "untuk menghasilkan intelektual muda, yang kreatif, memang memerlukan usaha, salah satunya adalah dengan mengadakan pelatihan PKM ini."

Pelatihan yang berlangsung pada 12 Juli 2007 di Royal Tretes View tersebut, diikuti kurang lebih 40 perwakilan dari PTS, dan berlangsung selama 2 hari. Selama masa pelatihan, para mahasiswa dibimbing oleh narasumber terpilih, yaitu pengenalan mengenai PKM dari Drs. Julius Koesworo, MM. Kemudian dilanjutkan oleh Prof. Dr. Wurlina, MS., drh yang memberikan pengayaan mengenai Teknik Penyusunan Proposal PKM. Selanjutnya materi Motivasi dan Pengenalan PKM, diberikan oleh Prof. Dr. Tatik Suryani MM, dan materi terakhir adalah tentang Hak Kekayaan Intelektual, yang diberikan oleh Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA. (wp)