Detail Jurnal


Judul : Analisa Debit Banjir Melalui Pendekatan HSS Nakayasu pada DAS Binau
Pengarang : Dimas Aji Purnomo
Abstraksi : Banjir merupakan kejadian yang tidak terduga dan dapat menimbulkan kerugian baik berupa korban jiwa maupun material. Hal tersebut terjadi pada daerah di sekitar DAS Binau. Agar kejadian tersebut tidak terulang lagi maka dilakukan studi tentang perhitungan debit banjir rancangan. Metode yang digunakan untuk perhitungan banjir rancangan di Sungai Binau Kecamatan Rogojampi yaitu dengan menggunakan Hidrograf Satuan Sintetis Metode Nakayasu. Dari hasil analisis, diperoleh debit banjir rencana Hidrograf Satuan Sintetis Metode Nakayasu dengan kala ulang 2 tahun sebesar 89,81 m3/dtk, 5 tahun sebesar 101,40 m3/dtk, 10 tahun sebesar 108,37 m3/dtk, 25 tahun sebesar 116,57 m3/dtk, 50 tahun sebesar 122,33 m3/dtk, 100 tahun sebesar 127,61 m3/dtk.
Download File   Dimas Aji Purnomo

Judul : Verifikasi Iris Mata Manusia untuk Menerima atau Menolak Identitas yang Diklaim oleh Seseorang
Pengarang : Ekka Pujo Ariesanto Akhmad, Maxima Ari Saktiono
Abstraksi : Pada proses pengenalan identitas ada beberapa masalah yang muncul yaitu masalah identifi kasi dan verifi kasi, yang membuat proses pengenalan identitas tidak efi sien. Masalah verifi kasi akan diselesaikan dengan metode pengenalan iris mata, yang terbukti efisien digunakan untuk memecahkan masalah seperti pada proses pengenalan identitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengenalan iris mata mampu memverifi kasi citra mata dengan tingkat keberhasilan 100% untuk citra uji sama dengan citra basis data dari mata yang sama. Pengujian citra uji berbeda dengan citra basis data dari mata yang sama (intra-class) menghasilkan nilai rasio kesalahan ketidakcocokan (False Non Match Rate (FNMR)) 15,90%. Tingkat kesuksesan pengenalan suatu sistem biometrik (Genuine Acceptance Rate (GAR)) dapat dihitung dengan rumus GAR = 1 – FNMR, atau GAR = 1 – 15,90% hasilnya adalah 84,10%. Pengujian citra uji berbeda dengan citra basis data dari mata yang berbeda (inter-class) menghasilkan nilai rasio kesalahan kecocokan (False Match Rate (FMR)) 27,72%.
Download File   Ekka Pujo Ariesanto Akhmad, Maxima Ari Saktiono

Judul : Analisis Kadar Rhodamine B pada Mi Lidi Merek “Y” dan “Z” di Kabupaten Sidoarjo
Pengarang : Elly Purwati, Fahmi Ardianti Purnawiranita, Widya Triciana Arie Sandy
Abstraksi : Rhodamine B merupakan pewarna tekstil yang sering digunakan untuk mewarnai produk makanan meskipun penggunaannya telah dilarang pemerintah, salah satunya adalah jajanan pasar yang berwarna merah terang. Pewarna tekstil tersebut dapat menyebabkan pembesaran organ berupa peningkatan berat hati, ginjal dan limfa jika masuk ke dalam tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kadar rhodamine B pada mi lidi. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimental. Analisis sampel dilakukan dengan menggunakan spektrofotometri UV-Vis pada panjang gelombang 500-600 nm. Kurva baku kalibrasi dengan konsentrasi 0,5; 1,0; 1,5; 2,0; 2,5 dan 3,0 ppm. Koefi sien korelasi (r) sebesar 0,9999. Penelitian ini terdapat 2 sampel yaitu sampel tidak bermerek “Y” dan sampel bermerek “Z”. Preparasi sampel dilarutkan dalam etanol dan direndam pada waktu tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 2 sampel yang diperiksa dengan minimal 3 kali pengujian didapat keduanya positif mengandung rhodamine B dengan kadar nilai rata-rata rhodamine B pada sampel Y sebesar 0,02484 % b/b dan sampel Z sebesar 0,00828 % b/b. Berdasarkan penelitian ini, dapat diketahui bahwa sampel mi lidi yang beredar di Kabupaten Sidoarjo tidak layak untuk dikonsumsi.
Download File   Elly Purwati, Fahmi Ardianti Purnawiranita, Widya Triciana Arie Sandy

Judul : Reduksi Gabah Hampa Padi Unggul Varietas Mekongga melalui Pengelolaan Kuota Pupuk Organik, Fosfat dan Kalium
Pengarang : Fathurrahman
Abstraksi : Presentase signifikansi gabah hampa akibat pengaruh pemberian jerami ke dalam tanah sebagai media tumbuh berkisar antara 31,41–36,49%, pemupukan 27,4–43,17% dan interaksi perlakuan pemupukan dengan jerami 22,23–43,17%. Menggunakan Rancangan Petak Terpisah, Split Plot Design diulang tiga kali dengan 30 pot plastik setiap ulangan. Umur bibit 21 hari setelah sebar (hss) dengan 2 bibit setiap lubang tanam. Spesifi kasi perlakuan detail, petak utama, main plot quota pupuk organik (O) yaitu; (1) O1 = 65,0 g rumpun-1 ; (2) O2 = 95,0 g rumpun-1 ; (3) O3 = 125,0 g rumpun-1 . Anak petak, subplot yaitu quota N P K anorganik (N) meliputi; (1) N1 = 18,5 g N + 12,5 g P + 12,5 K rumpun-1 ; (2) N2 = 8,5 g N + 15,0 g P + 15,0 K rumpun-1 ; (3) N3 = 18,5 g N + 15,0 g P + 15,0 K rumpun-1 ; (4) N4 = 18,5 g N + 20,0 g P + 20,0 K rumpun-1 ; dan (5) N5 = 18,5 g N + 22,5 g P + 22,5 K rumpun-1. Kesimpulan analisis; (1) reduktivitas gabah hampa paling reduktif ditampilkan oleh rasio quota pupuk organik 125 g rumpun-1 berbanding 18,5 g N + 17,5 g P + 17,5 K anorganik, dan (2) reduktivitas gabah hampa cukup reduktif ditunjukkan oleh rasio quota pupuk organik 95,0 g rumpun-1 berbanding 18,5 g N + 15,0 g P + 15,0 g K anorganik.
Download File   Fathurrahman

Judul : Variasi Putaran Turbin terhadap Performa Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Air Menggunakan Oscillating Water Column
Pengarang : Gatot Setyono, Miftahul Ulum
Abstraksi : Pada saat ini banyak sekali sumberdaya yang dapat di manfaatkan, salah satunya adalah gelombang air. Gelombang dapat dimanfaatkan sebagai penghasil energi yaitu energi listrik dengan memanfaatkan gelombang air yang sekarang ini sudah banyak diaplikasikan di negara-negara maju. Salah satu metode konversi yang dapat dilakukan untuk mengubah energi gelombang menjadi energi listrik adalah dengan menggunakan oscillating water column. Pada penelitian ini oscillating water column dibuat dengan menggunakan turbin angin dengan variasi putaran 200, 500 dan 800 rpm dengan hasil yaitu daya turbin, daya generator dan efisiensi sistem. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan menguji alat menggunakan gelombang air buatan. Hasil yang didapat dari eksperimen adalah daya listrik pada beban maksimal yang dihasilkan oleh generator adalah 5,5 W pada putaran rasio gigi 500 rpm. Sedangkan daya listrik terendah pada beban maksimal yaitu 7 W dengan putaran rasio gigi 800 rpm. Efisiensi sistem terbesar pada beban maksimal adalah 46,91 % terjadi pada putaran rasio gigi 800 rpm.
Download File   Gatot Setyono, Miftahul Ulum

Judul : Ekstraksi Sinyal EEG Menggunakan Koefi sien dari Subband Transformasi Wavelet Diskrit
Pengarang : Hindarto, Arif Muntasa
Abstraksi : Penelitian ini berfokus pada ekstraksi ciri untuk sinyal Electro Encephalo Graph (EEG) menggunakan metode Diskrit wavelet Transform. Sinyal EEG tersebut digunakan untuk menggerakkan kursor ke atas dan kursor ke bawah. Pada setiap subband dari gelombang sinyal Electro Encephalo Graph (EEG) diambil nilai rata-rata untuk dijadikan sebagai ciri dari sinyal EEG. Backpropagation Neural Network digunakan sebagai klasifi kasi sinyal EEG untuk menentukan apakah kursor bergerak keatas atau kursor bergerak ke bawah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data EEG yang berasal dari BCI kompetisi 2003 (BCI Kompetisi 2003). Pengambilan keputusan dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, nilai rata-rata pada setiap subband wavelet digunakan sebagai ekstraksi ciri dari data sinyal EEG. Ciri ini sebagai input bagi Backpropagation Neural Network. Pada tahap kedua proses klasifi kasi ke dalam dua kelas kelas 0 (untuk kursor ke atas) dan kelas 1 (untuk kursor ke bawah), terdapat 260 data training fi le sinyal EEG dan 293 dari data testing fi le sinyal EEG, sehingga keseluruhan menjadi 553 fi le data sinyal EEG. Hasil yang diperoleh untuk pengklasifi kasian sinyal EEG adalah 77,2 % dari data sinyal yang diuji.
Download File   Hindarto, Arif Muntasa

Judul : Optimasi Parameter Permesinan terhadap Waktu pada Pemrograman CNC Milling dengan Software CAD/CAM
Pengarang : Wahyu Alfi ansyah, Mulyadi
Abstraksi : Proses permesinan CNC milling merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pengerjaan suatu produk karena mempengaruhi pengeluaran maupun keuntungan produksi. Semakin lama waktu pengerjaan maka semakin banyak pula biaya yang dikeluarkan, sehingga diperlukan komposisi cutting yang tepat dengan memperhatikan beberapa parameter dalam proses CNC milling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan simulasi untuk mengetahui hubungan antara parameter CNC milling yang ideal. Dimana beberapa parameter yang dipilih yaitu cutting speed, feed rate, depth of cut dan leads. Software yang dipakai untuk melihat waktu proses pengerjaan CNC milling yaitu CAD/CAM. Sedangkan analisa statistik untuk mengetahui kualitas produk yang dihasilkan menggunakan metode Taguchi. Tipe Tools yang digunakan adalah pahat Bullnose dan Endmill dengan diameter 10 mm standar WIDIA-Hanita. Hasil dari pengujian menggunakan metode Taguchi menyatakan bahwa proses permesinan HSR yang ideal yaitu cutting speed (v3) = 120 m/menit, feed rate (vf5) = 1031 m/menit, depth of cut (a5) = 0.7 mm dan leads(l1) = 10 mm. Sedangkan proses permesinan HSM yang ideal yaitu cutting speed (v3) = 120 m/menit, feed rate (vf5) = 1031 mm/menit, depth of cut (a5) = 0.7 mm dan leads (l2) = 20 mm. Maka total waktu permesinan yang ideal untuk pahat dengan diameter 10 mm standar Widia hanita adalah selama 104.35 menit.
Download File   Wahyu Alfi ansyah, Mulyadi

Judul : Studi Literatur terhadap Faktor Risiko Proyek Konstruksi dalam Industri Migas untuk Mencapai Pembangunan Berkelanjutan
Pengarang : Nova Nevila Rodhi, Nadjadji Anwar, I Putu Artama Wiguna
Abstraksi : Dengan adanya sektor migas di Indonesia yang salah satunya berada di kabupaten Bojonegoro Jawa Timur (Blok Cepu), hal tersebut sangat berarti dan bermanfaat untuk bangsa dan negara, karena sektor tersebut merupakan sektor strategis, selain merupakan sebagai pemasok keuangan negara, sektor migas juga berfungsi sebagai penyangga ketahanan energi nasional [1]. Setiap kegiatan dalam industri migas terdapat risiko yang dapat menghambat proyek juga terdapat menjadi risiko sangat besar terhadap lingkungan [3] sosial dan ekonomi [4], dan memiliki potensi yang berbahaya untuk kehidupan, properti dan lingkungan, bahaya tersebut bisa terjadi jika kegiatan tidak dikontrol dan diatur dengan tepat [5]. Oleh karenanya studi ini bertujuan untuk membahas faktor risiko dan teknik penilaiannya melalui studi banding dengan berbagai proyek konstruksi yang berhubungan dengan migas dan keberlanjutan. Sekitar 60 jurnal yang relevan diterbitkan selama 20 tahun terakhir telah ditinjau. Kajian tersebut menghasilkan bahwa perlunya dikembangkan suatu model analisa risiko yang dapat digunakan dengan mudah dan efektif pada proyek konstruksi dalam industri migas untuk mencapai pembangunan berkelanjutan
Download File   Nova Nevila Rodhi, Nadjadji Anwar, I Putu Artama Wiguna

Judul : Real-Time Detection untuk Klasifi kasi Jalan Berlubang sebagai Pemicu Kecelakaan Lalu Lintas
Pengarang : Yesy Diah Rosita, Sugianto
Abstraksi : Tingginya curah hujan mengakibatkan kerapuhan jalan aspal sehingga jalan aspal menjadi rusak seperti berlubang dan bergelombang. Hal ini ternyata dapat memicu kecelakaan lalu lintas pada pengguna kendaraan dimulai dari luka ringan hingga meninggal dunia. Salah satu upaya untuk mengurangi hal tersebut yakni deteksi jalan berlubang atau bergelombang secara realtime dengan memanfaatkan konsep pengolahan citra digital. Metode yang digunakan untuk ekstraksi fi tur citra pada penelitian ini meliputi segmentasi, binarisasi, reduksi noise, dan morfologi citra. Adapun klasifi kasi objek citra berdasarkan luas bidang. Luas bidang yang relatif besar dapat memicu kecelakaan karena roda kendaraan dapat terjebak di dalamnya. Data testing yang digunakan berupa video yang berjumlah 9 video sebanyak 1154 frame. Dari jumlah data tersebut tingkat precision mencapai 81,26%.
Download File   Yesy Diah Rosita, Sugianto