Detail Jurnal


Judul : Penanganan Efek Samping Pasca Imunisasi DPT Combo di Posyandu
Pengarang : Yanik Purwanti
Abstraksi : DPT Combo sebagai imunisasi yang diberikan untuk mencegah difteri, pertusiss, dan tetanus serta hepatitis B. Pemberian imunisasi DPT Combo dapat menghasilkan efek samping yang perlu penanganan pengobatan secara cepat. Bahkan, banyak ditemukan ibu yang belum paham dalam melakukan manajemen efek samping imunisasi pasca DPT Combo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan tentang manajemen efek samping imunisasi DPT Combo ibu yang memiliki bayi usia 2-11 bulan di Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu Karangnongko. Desain penelitian menggunakan survei deskriptif, dengan populasi ibu yang memiliki bayi usia 2–11 bulan. Jumlah sampel adalah 25 responden. Pengumpulan data primer dengan kuesioner. Data disajikan dalam frekuensi di tabel frekuensi kemudian dibahas secara teoritis. Hasil penelitian diperoleh bahwa sebagian besar populasi ibu di desa Karangnongko, rata-rata memiliki pengetahuan les dengan persentase 72%, itu didukung dengan tingkat pendidikan ibu paling tinggi di SMA 64%. Sedangkan ibu yang tamat pendidikan tinggi 16% dan sebagian besar ibu bekerja maka akan banyak menghabiskan waktu untuk keluarganya berkepentingan dalam mengelola efek samping imunisasi DPT Combo sebagai kebutuhan dasar untuk bayi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah tingkat pengetahuan sebagian besar ibu kurang maka tenaga kesehatan harus memberikan informasi dengan menginformasikan kepada masyarakat terutama ibu maka mereka lebih mengerti tentang manajemen efek samping imunisasi DPT Combo.
Download File   Yanik Purwanti

Judul : Efektivitas Pompa Air Susu Ibu: Studi Kasus pada Ibu Bekerja
Pengarang : Uke Maharani Dewi, Yunik Windarti
Abstraksi : Ibu menyusui yang kembali bekerja setelah melahirkan mempunyai tanggung jawab dalam menuntaskan pemberian exclusive breastfeeding selama enam bulan. Cara yang dilakukan adalah dengan breast milk expression di tempat kerja. Keterbatasan waktu breast milk expression disela rutinitas kerja perlu didukung dengan alat pompa yang efi sien dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan volume, express time dan frekuensi pada breast milk expression antara pompa manual dan elektrik. Penelitian berlangsung selama dua bulan (September–November 2017) dengan menggunakan purposive sampling didapatkan 20 responden yang sesuai dengan kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume air susu ibu lebih banyak, express time lebih cepat dan frekuensi memerah lebih sering pada jenis pompa elektrik.
Download File   Uke Maharani Dewi, Yunik Windarti

Judul : Identifikasi Anti Hepatitis C Virus Positif dan HCV Ribonucleic Acid Positif di Palang Merah Indonesia Kabupaten Tuban Jawa Timur
Pengarang : Anas Jatikusuma
Abstraksi : Di Indonesia, 6,6–7 juta orang mengidap penyakit Hepatitis C. HCV ditularkan umumnya melalui parenteral termasuk transfusi darah. Sehingga uji saring pada darah donor merupakan hal yang harus diperhatikan. Sehubungan dengan hal tersebut, dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui frekuensi RNA HCV yang terdeteksi pada darah donor dengan Anti HCV positif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental laboratoris yang menggunakan darah donor dari PMI sebagai objek penelitian. Pendekatan yang digunakan adalah retrospektif. Rancangan penelitian yang digunakan ditinjau dari aspek waktu termasuk rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh darah donor yang terkoleksi di PMI Kabupaten Tuban Jawa Timur dan sampel adalah darah donor yang terkoleksi bulan Agustus-September 2016. Hasil penelitian dari tiga sampel reaktif Anti HCV dengan metode CMIA, satu sampel terdeteksi mengandung RNA HCV saat diperiksa dengen metode PCR menggunakan primer HC 15-16 & HC 32-23-34 (sampel nomor 103), dan dua sampel (sampel nomor 102 dan 103) terdeteksi mengandung RNA HCV saat diperiksa dengan metode PCR menggunakan primer UTR 3–4. Kesimpulan penelitian ini jumlah RNA HCV yang terdeteksi pada darah donor dengan anti HCV positif sebanyak dua sampel (sampel nomor 102 dan 103).Uji saring darah donor PMI Kabupaten Tuban dengan menggunakan metode CMIA sudah baik.
Download File   Anas Jatikusuma

Judul : Olahraga Senam Pernapasan Satria Nusantara terhadap Penurunan Tingkat Depresi Sedang pada Lanjut Usia (Studi di Cabang Senam Pernapasan SN Dusun Ngelo, Desa Gondek, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang)
Pengarang : Ruliati, Maharani Tri Puspitasari
Abstraksi : Depresi merupakan masalah kesehatan mental yang serius pada lansia, salah satu cara untuk mengontrol depresi ini yaitu dengan melakukan olahraga senam pernapasan. Depresi ini dapat berupa serangan yang ditujukan kepada diri sendiri atau perasaan marah yang dalam. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa pengaruh olah raga senam pernapasan Satria Nusantara terhadap penurunan tingkat depresi sedang pada lanjut usia di Cabang Senam Pernapasan SN Dusun Ngelo, Desa Gondek, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Desain penelitian ini menggunakan “Pra experimental” (One Group Pra Test-Post Test Design). Sampel penelitian ini adalah lansia (lanjut usia) di Cabang Senam Pernapasan SN Dusun Ngelo, Desa Gondek, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Teknik sampling secara purposive sampling dengan responden sebanyak 34 responden yang memenuhi kriteria insklusi, dimana semua responden digunakan sebagai subyek penelitian. Variabel independen olahraga senam pernapasan Satria Nusantara dan variabel dependen tingkat depresi. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument kuesioner sebelum dan sesudah pemberian “Olahraga Senam Pernapasan Satria Nusantara”. Cara menganalisanya dengan menggunakan “Uji Wilcoxon” dengan tingkat signifi kan ρ < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat depresi pada lansia sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa olah raga senam pernapasan satria nusantara pada sampel menunjukkan tingkat signifi kansinya adalah ρ = 0,000.Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh olah raga senam pernapasan Satria Nusantara terhadap penurunan tingkat depresi sedang pada lansia. Dalam upaya mengurangi tingkat depresi sedang pada lansia maka seseorang yang mengalami depresi perlu diberikan stimulasi atau terapi yang dapat mengurangi dan menghilangkan gejala depresi tanpa tergantung pada obat-obatan kimia yaitu berupa senam pernapasan.
Download File   Ruliati, Maharani Tri Puspitasari

Judul : Uji Aktivitas Minyak Ikan sebagai Antidepresan pada Depresi Kronik secara In Vivo
Pengarang : Ana Khusnul Faizah, Yanu Andhiarto, Nani Wijayanti
Abstraksi : Latar Belakang: Antidepresan memiliki efek terapi setelah digunakan dalam jangka lama dan memberikan efek samping yang tidak diinginkan. Kandungan omega-3 dalam minyak ikan berperan sebagai antidepresan. Efek antidepresan diamati immobility time dari metode Forced Swimming Test (FST). Tujuan: Penelitian bertujuan analisis efek antidepresan minyak ikan pada mencit putih jantan dengan metode Forced Swimming Test (FST). Metode: Penelitian dilakukan secara eksperimental dibagi secara random 4 kelompok mencit jantan. Kelompok terbagi menjadi kontrol negatif (span dan tween 5%), positif (fl uoxetin 20 mg/Kg BB), minyak ikan 250 mg/Kg BB dan 500 mg/Kg BB. Hasil: Minyak ikan dosis 250 mg/Kg BB dan 500 mg/Kg BB memiliki efek antidepresan dibandingkan kelompok kontrol negatif pada mencit putih jantan (P<0,05). Kesimpulan: Minyak ikan memberikan efek antidepresan pada mencit putih jantan dengan metode Forced Swimming Test.
Download File   Ana Khusnul Faizah, Yanu Andhiarto, Nani Wijayanti