Detail Jurnal


Judul : Organizational Citizenship Behaviour dan Perceived Organizational Support terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Rumah Sakit
Pengarang : Ria Chandra Kartika, Muhammad Risya Rizki
Abstraksi : HR has a very important role in achieving organizational goals in addition to other resources that the organization has. Based on patient visit data in RSIA NUN from 2014, 2015 and 2016 respectively were as follows: 19,823, 18,775. and 17,776. The purpose of this research was to analyze the relationship between Perceived Organizational Support and Organizational Citizenship Behavior. POS is employee confidence regarding the extent to which an organization respects employee contributions. whereas OCB is employee behavior that exceeds the required role. This study used an observational analysis model with a crossectional research design. Based on the results of the analysis, it is known that the Hospital has provided sufficient POS to employees of 85.3%, but most employees in the hospital have less OCB which is equal to 73.5%. From the results of the crosstab it was found that people who rated the pos were low, had a low OCB too. It means that the POS that has been given by the Hospital to employees is not yet able to make OCB employees good.
Download File   Ria Chandra Kartika, Muhammad Risya Rizki

Judul : Evaluasi Terapan Pencegahan Kejahatan pada Interior Museum Kota Surabaya dan House of Sampoerna
Pengarang : Sherly de Yong1, Purnama Esa Dora Tedjokoesoemo2
Abstraksi : Salah satu kebutuhan mendasar bagi setiap orang adalah rasa aman. Namun kondisi ruang-ruang publik khususnya bangunan historikal seperti museum-museum di Surabaya dinilai masih kurang aman, terbukti dengan maraknya aksi kejahatan yang terjadi seperti vandalisme sampai ke pencurian benda-benda museum. Konsep Pendekatan Pencegahan Tindak Kejahatan melalui Desain Lingkungan (Crime Prevention through Environmental Design / CPTED) terbukti dapat memberikan dampak yang tinggi di dalam mengurangi angka korban kriminalitas dan memberi rasa aman bagi masyarakat. Di Surabaya, pencegahan tindak kejahatan di museum belum mendapat perhatian yang cukup, ditunjukkan dengan tidak adanya peraturan pemerintah atau kebijakan pembangunan yang ditujukan untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan di museum. Berdasarkan kenyataan dan latar belakang permasalahan di atas, maka perlu dilakukan evaluasi terapan konsep CPTED tersebut pada interior Museum Kota Surabaya dan House of Sampoerna. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dengan pendekatan analisa EVA (Environmental Visual Assessment) untuk mendapatkan evaluasi mengenai terapan pencegahan kejahatan di Museum Kota Surabaya dan House of Sampoerna. Adapun tahapan dari metode penelitian ini adalah: eksplorasi (pemahaman teori dan objek penelitian), identifikasi (definisi, seleksi, dan sintesa permasalahan dengan pendekatan analisa EVA). Hasil dari evaluasi pada kedua museum ditemukan bahwa diperlukan peningkatan konsep pengawasan, teritori, membangun komunitas dan penguatan target.
Download File   Sherly de Yong1, Purnama Esa Dora Tedjokoesoemo2

Judul : Penerapan Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Layanan dan Pemasaran Relasional untuk Meningkatkan Kepuasan Pengguna Jasa PT. Pelabuhan Indonesia III Surabaya
Pengarang : FX. Adi Purwanto
Abstraksi : Perusahaan lebih responsif untuk menentukan pilihannya menyikapi persaingan yang ada karena adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penerapan strategi manajemen hubungan investor dapat membantu perusahaan meraih keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen hubungan pelanggan, kualitas layanan, dan pemasaran relasional terhadap kepuasan pengguna jasa Pelindo III. Data yang digunakan adalah primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna jasa Pelindo III berjumlah 100 pegawai. Penelitian ini menggunakan sensus, yaitu semua populasi diteliti, maka sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Untuk menjawab tujuan penelitian menggunakan analisis regresi liner berganda. Variabel bebas terdiri dari manajemen hubungan pelanggan, kualitas layanan, dan pemasaran relasional dan variabel terikat adalah kepuasan pengguna jasa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Customer relationship management, kualitas layanan dan pemasaran relasional berpengaruh secara serempak terhadap kepuasan sebesar 65,2% ; (2) Customer relationship management berpengaruh terhadap kepuasan sebesar 36,3% ; (3) Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan sebesar 43,5%; (4) Pemasaran relasional menyumbang pengaruh terhadap kepuasan sebesar 26,3% ; (5) Kualitas layanan berpengaruh dominan terhadap kepuasan pengguna jasa Pelindo III”. Hal ini ditunjukkan dari hasil nilai uji koefisien determinasi parsial (r2) variabel kualitas layanan sebesar 0,435 artinya pengaruh variabel kualitas layanan terhadap kepuasan sebesar 43,5%.
Download File   FX. Adi Purwanto

Judul : Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional, Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervining (Studi Kasus pada Karyawan GSE PT. GAPURA Surabaya)
Pengarang : Nuning Nurna Dewi
Abstraksi : This study aims to examine and analyze the influence of situational leadership, work environment, work discipline on work motivation and the performance of GSE employees of PT. GAPURA SURABAYA. Data collection was carried out through distributing questionnaires to 112 employees of PT GAPURA SURABAYA’s GSE Unit. Data analysis in this study uses SPSS and AMOS. The sampling technique used is saturated sampling method (census) and data testing techniques used in this study include validity test with factor analysis, reliability testing with Alpha Cronbach. SEM (Structural Equation Modeling) Test, to test and prove the research hypothesis. The analysis shows that (1) situational leadership has a significant influence on employee motivation (2) situational leadership has no significant effect on employee performance (3) the work environment has a significant influence on work motivation (4) the work environment has a significant influence. Effects on employee performance (5) work discipline has a significant influence on work motivation (6) Work discipline has a significant influence on employee performance (7) work motivation has a significant influence on employee performance.
Download File   Nuning Nurna Dewi

Judul : Perilaku Sosial Remaja Penggemar Kopi Lelet di Kabupaten Rembang
Pengarang : Mario Fahmi Syahrial
Abstraksi : Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis profil Remaja penggemar kopi lelet, menganalisis makna perilaku sosial Remaja penggemar kopi lelet, dan menganalisis dampak perilaku sosial Remaja penggemar kopi lelet. Lokasi penelitian di Rembang. Fokus penelitian adalah profil, makna, dan dampak perilaku sosial. Subyek data penelitian; anggota komunitas dengan mengunakan Snowball Sampling (sampel bola salju). Data sekunder mengunakan tertulis dan foto. Teknik analisis data kualitatif dengan keabsahan data. Pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Remaja Penggemar kopi lelet berkumpul untuk untuk menjalin komunikasi, keakraban, dan bertukar informasi. (2) Perilaku konsumsi anggota dimaknai sebagai gaya hidup. Perilaku seksual dimaknai sebagai representasi ukuran harga diri. (3) Dampak negatif, munculnya gangguan ketertiban, boros, gangguan kesehatan, menurunnya stamina, dan lunturnya rasa malu dan menghargai. Dampak positif dari perilaku sosial, yaitu; kepedulian, perhatian, sikap tegas dan waspada dari lingkungan dan orang tua. Saran meningkatkan peran serta orangtua untuk mendidik, mengawasi, dan, mengontrol. Bagi sekolah untuk meningkatkan kegiatan diluar jam sekolah, misalnya kegiatan Ekstrakurikuler, Pramuka, dll. Bagi masyarakat mengawasi dan mengontrol. Bagi lembaga agama melakukan pembinaan dan pengawasan. Bagi pemerintah menyusun peraturan yang tegas tentang penjualan rokok.
Download File   Mario Fahmi Syahrial