Detail Jurnal


Judul : Pengembangan Potensi Visual Semenanjung Lawata sebagai Salah Satu Simpul Rangkaian Wisata Tepian Air Kota Bima
Pengarang : Bramasta Putra Redyantanu, Benny Poerbantanoe
Abstraksi : Perkembangan suatu wilayah salah satunya dapat diakselerasi dengan pengembangan di sektor pariwisata. Sektor pariwisata merupakan sebuah kesatuan dari kondisi geofisik, infrastruktur, objek daya tarik wisata, akomodasi dan kelembagaan pengelola dan pemelihara. Kota Bima, sebagai kota tepian air, memiliki setidaknya 8 simpul pariwisata yang dituntut sinergi untuk menjadi sebuah tautan wisata tepian teluk. Dimulai dari Pantai Ni’U, Semenanjung Lawata, Pantai Amahami, Pantai Bukit Ule, Pelabuhan kota, Pantai Bukit Songgela, Pantai Teluk Bonto hingga Pantai Kolo. Semenanjung Lawata, sebagai satu satunya simpul yang berbentuk sebuah semenanjung, dinilai sebagai salah satu titik yang paling potensial untuk dikembangkan. Namun sampai sekarang, belum ada sebuah pedoman pengembangan visual yang mampu mewakili karakter lokal Bima sebagai kota tepian air. Identifikasi awal dari kondisi eksisting diharapkan mampu menjadi dasar dari pengembangan sektor wisata. Dari kondisi tersebut, maka akan coba dirumuskan arahan potensi pengembangan yang diklasifikasikan ke dalam 3 aspek, atraksi alam, atraksi budaya, dan atraksi spesial, seperti panorama matahari terbenam, festival teluk bima, dan sebagainya. Hasilnya adalah sebuah arahan pengembangan sektor wisata yang spesifik, yang diharapkan dapat menjadi sinergi dalam skala makro, serta dapat menjadi salah satu perwakilan karakter lokal yang cukup kuat.
Download File   Bramasta Putra Redyantanu, Benny Poerbantanoe

Judul : Politik Adil Gender: Sebuah Paradoks
Pengarang : Denny Arinanda Kurnia
Abstraksi : Tulisan ini menggambarkan dinamika perempuan di dunia politik. Representasi Politisi perempuan menampilkan paradoksal antara ide kesetaraan dengan kenyataan praksisnya. Perempuan diwacanakan agar dapat menempati posisi strategis dalam skema pembangunan namun implementasinya belum maksimal. Dari segi kuota misalnya sebagian besar parpol bisa memenuhi kuota 30%, namun teori The glass ceiling masih berlaku dalam ranah politik. Pemerintah mencoba memperbaiki dengan penerapan sistem zipper namun paradoks masih terus terjadi. Tulisan ini mencoba menguraikan dinamika dan sekaligus tantangan yang muncul baik secara kultural maupun struktural.
Download File   Denny Arinanda Kurnia

Judul : Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Urusan Agama Katholik pada Kantor Kemenag (Kementerian Agama) di Kabupaten Blitar (Studi tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama di Kabupaten Blitar) Berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor: 13 Tahun: 2012
Pengarang : Denny Charollus
Abstraksi : This research I do to know the Implementation Organization and Work Flow of Vertical Ministry of Religious Affairs in Blitar In Task Guidance Society Catholic (Guidance Catholic) in the Office Kemenag Blitar (PMA: Regulation of the Minister of Religion, Number: 13 Year: 2012, Article: 497 verse: 3). In addition, to determine how the relationship a research focus on the successful implementation of a public policy on Guidance (Guidance Society) Catholic at MORA Office (Ministry of Religious) in Blitar. Many problems / many short comings encountered Guidance (Guidance society) Catholic in office MORA (MORA) Blitar is divided into three functions. The problems are divided into three functions, among others:
Download File   Denny Charollus

Judul : Faktor yang Memengaruhi Kinerja Peternak Sapi Perah di Desa Bocek Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang
Pengarang : Dimas Pratidina Puriastuti Hadiani, Ari Brihandhono
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja peternak sapi perah di Desa Bocek Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Penelitian menggunakan metode survey terhadap 100 orang peternak yang tergabung dalam KUD Karangploso. Data diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara dengan peternak menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama usia, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan keluarga, pengalaman beternak, jumlah sapi laktasi, jumlah tenaga kerja, pelatihan dan penyuluhan yang pernah diikuti berpengaruh sangat nyata terhadap kinerja peternak. Secara parsial yang mempunyai pengaruh nyata (P<0,05) adalah usia (x1), tingkat pendidikan (x2),jumlah sapi laktasi (x5) dan penyuluhan yang pernah diikuti oleh peternak sedangkan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) adalah pengalaman beternak (x4) dan pelatihan yang pernah diikuti oleh peternak (x7). Secara parsial jumlah tanggungan keluarga dan jumlah tenaga kerja dan tidak berpengaruh nyata.
Download File   Dimas Pratidina Puriastuti Hadiani, Ari Brihandhono

Judul : Semiotika Kehidupan Masyarakat Modern dalam Video Chained to the Rhythm
Pengarang : Renny Candradewi Puspitarini
Abstraksi : Charles Kennedy mengatakan musik dan politik pada intinya juga komunikasi. Musik dapat berfungsi sebagai media kritik untuk menyoroti perilaku maupun kebijakan rezim saat itu. Musisi diuji untuk menggabungkan kepekaan politik dengan ide dan kreativitas agar dapat menghasilkan musikalitas yang unik. Katy Perry menjadi contoh musisi dengan musikalitas tersebut di awal tahun 2017 lalu. Ketika merilis lagu “Chained to The Rhythm”, Amerika Serikat saat itu baru saja melaksanakan pemilu presiden yang kemudian dimenangi oleh Donald Trump. Cara Donald Trump menjalankan administrasi memang mengundang kontroversi. Layaknya suatu reality show, publik AS memang sedang menampilkan panggung politik paling dramatis sejak Richard Nixon dan Ronald Reagan berkuasa. Tulisan ini Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis semiotik atau seringkali disebut dengan analisis semiologi. Metode ini memungkinkan teks dapat diteliti dan mengandung makna tertentu yang berlaku baik secara konvensional maupun universal. Validasi dilakukan dengan menerapkan triangulasi data dan triangulasi teori. Triangulasi data artinya dengan menguji dan mengonfirmasi data yang satu dengan data lainnya, sedangkan triangulasi teori memungkinkan membandingkan atau mencocokkan teori yang digunakan dengan temuan-temuan yang didapat. Namun lebih dari itu, video berdurasi empat menit itu juga dapat membantu mengenali bahwa masyarakat sosial saat ini tengah bergerak ke arah kehidupan post-modern bahkan dapat dikatakan video ini menjadi bukti pintu bahwa kehidupan masyarakat tengah meninggalkan modernitas.
Download File   Renny Candradewi Puspitarini

Judul : Hubungan Persepsi Orang Tua tentang Pernikahan Dini dengan Kejadian Pernikahan Dini di Desa Sajen Pacet Kabupaten Mojokerto
Pengarang : Sri Sudarsih, Diya Wahyu Ningsih
Abstraksi : Pernikahan usia muda salah satunya disebabkan masih banyak orang tua beranggapan bahwa pernikahan usia dini bukan merupakan masalah karena dapat mencegah terjadinya seks bebas di kalangan remaja dan akan memperkecil kejadian hamil di luar nikah. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan persepsi orang tua tentang pernikahan dini dengan kejadian pernikahan dini. Desain penelitian yaitu analitik korelasional dengan pendekatan retrospective. Variabel independen yaitu persepsi orang tua dan variabel dependen yaitu pernikahan dini. Populasi penelitian yaitu semua orang tua yang memiliki anak yang sudah menikah pada usia remaja dalam 6 bulan terakhir di Desa Sajen Pacet Kabupaten Mojokerto sebanyak 27 orang dengan teknik total sampling. Instrument menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan dari 14 responden mempunyai persepsi positif tentang pernikahan dini sebagian besar terjadi pernikahan dini sebanyak 12 responden (85,7%) dan pada 13 responden mempunyai persepsi negatif sebagian besar tidak terjadi pernikahan dini sebanyak 10 responden (76,9%). Semakin positif persepsi seseorang tentang pernikahan dini maka akan terjadi pernikahan dini. Orang tua dapat lebih bijaksana dalam menentukan keputusan untuk melangsungkan pernikahan anak di usia remaja sehingga kejadian pernikahan dini dapat dicegah.
Download File   Sri Sudarsih, Diya Wahyu Ningsih