Detail Jurnal


Judul : UMKM Go Social Media Marketing Pada UD. AYS dan UMKM Sendy Leather Sidoarjo
Pengarang : Sri Hariyani Eko Wulandari, Ayouvi Poerna Wardhani, Erwin Sutomo
Abstraksi : Media sosial merupakan sarana komunikasi yang efektif yang, dapat meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar serta membantu keputusan bisnis pada UKM Media sosial juga berpengaruh untuk meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan dengan meningkatkan bargaining position terhadap pelanggan Namun, berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2017 sekitar 36 persen pemilik UKM belum melek komputer dan internet, 12 persen pemilik UKM menggunakan komputer dan internet untuk bisnis, dan hanya 6 persen saja pemilik UKM yang sukses berbisnis online, termasuk didalamnya adalah UD AYS Gresik dan UMKM Sendy Leather Tanggulangin, Sidoarjo. Pada penelitian ini akan dilakukan perancangan dan pembuatan strategi UMKM Go Sosial Media Marketing. Metode pengabdian masyarakat adalah Analisis Segmentasi, Target dan Positioning(STP) UMKM, Merancang Strategi Pemasaran Produk UMKM berdasarkan STP, dan melakukan transfer pengetahuan melalui kegiatan pelatihan Foto Produk dan Pelatihan Promosi di Media Sosial pada bulan Agustus sampai dengan September 2018. Kegiatan ini melibatkan 10 mahasiswa kelas manajemen pemasaran. Berdasarkan tanggapan, respons, dan partisipasi dari pemilik UD AYS Gresik dan UMKM Sendy Leather Tanggulangin Sidoarjo dapat diambil kesimpulan bahwa peserta sudah mampu mengidentifikasi pelanggan, mampu membuat strategi pemasaran UMKM di social media Facebook dan Instagram serta mampu memfoto produk dan mempromosikan di social media facebook dan instagram.
Download File   Sri Hariyani Eko Wulandari, Ayouvi Poerna Wardhani, Erwin Sutomo

Judul : Strategi Pengembangan Usaha Kue Caenis di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Melalui Program Kemitraan Masyarakat
Pengarang : Nike Norma Epriliyana, Nursyamsida Tohari, Suwarso
Abstraksi : This Community Partnership Program aims to provide solutions for partner problems in Kesilir Village and Ampel Village, Wuluhan District, Jember Regency, which are difficult to develop businesses. These problems include (1) marketing of products that are not yet extensive; (2) Product names not yet known; (3) packaging is not attractive; and (4) does not have a Food Safety Permit Certificate (P - IRT). Through the Community Partnership Program activities, the Community Service Team of the Academic of Accounting PGRI Jember strives to provide solutions to partner problems to expand marketing, including (1) helping partners obtain a Food Safety Permit Certificate (P - IRT); (2) help product packaging to be attractive; (3) provide business labels; (4) Renovation of production houses; up to (5) collaboration with stores / outlets. As a result, through PKM activities, Partners were finally able to have a Food Safety Permit Certificate (P - IRT). Automatically, when a partner has a P-IRT Certificate, labels, packaging and business names are also obtained. Thus, efforts to expand marketing will be wide open.
Download File   Nike Norma Epriliyana, Nursyamsida Tohari, Suwarso

Judul : Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik terhadap Loyalitas Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
Pengarang : Novianto Eko Nugroho
Abstraksi : Kualitas Pelayanan adalah bentuk pelayanan yang diberikan oleh perguruan tinggi sebagai pengelola jasa pendidikan dimana mahasiswa sebagai (stakeholder) memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan terbaik dan memuaskan untuk menunjang pendidikannya. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 dan D3 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya yang berjumlah 98 orang mahasiswa aktif. Hasil menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel secara bersamaan Bukti Fisik (X1), Keandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), Empati (X5) pada Loyalitas Mahasiswa (Y) diketahui tingkat signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi 0,412 (41,2%). Sementara melalui uji t diketahui bahwa pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap loyalitas mahasiswa hanya variabel jaminan (X4) menunjukkan nilai 5,944 dengan signifikan 0,000 yang menunjukkan pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap loyalitas mahasiswa (Y). Salah satu bentuk ketidakloyalan mahasiswa terletak pada pelayanan akademik yang diberikan oleh tenaga kependidikan, hal ini dapat dilihat dari hasil jawaban - jawaban kuesioner responden untuk pertanyaan variabel daya bukti fisik, keandalan, daya tanggap dan empati.
Download File   Novianto Eko Nugroho

Judul : Pelayanan Publik yang Baik dan Berkualitas Serta Membahagiakan dalam Bidang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Indonesia
Pengarang : Dendy Eta Mirlana
Abstraksi : Di dalam pokok-pokok/substansi yang terkandung dalam UU No. 24 Tahun 2013 disebutkan bahwa segala pengurusan yang berkaitan dengan Administrasi Kependudukan tidak dipungut biaya/gratis. Dengan gratisnya biaya pengurusan administrasi kependudukan diharapan masyarakan akan semakin sadar terhadap pentingnya data base administrasi kependudukannya. Selain itu dengan digratiskannya biaya administrasi tidak mengurangi kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas. Semua ini dilakukan guna menghasilkan data base kependudukan yang akurat dan uptudate. Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) Kependudukan dilaksanakan dengan 4 Program: 1. Program Sadar Kepemilikan Dokumen Kependudukan 2. Program Sadar Pemutakhiran Data Penduduk 3. Program Sadar Pemanfaatan Data Kependudukan 4. Program Sadar Melayani Administrasi Kependudukan Dengan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) Kependudukan ini, diharapkan pelayanan publik yang dilakukan di tingkat provinsi maupun kabupaten/ kota di Seluruh Indonesia dapat memuaskan masyarakat. Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan ini merupakan gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan. Pemerintah Pusat bersama-sama Pemeritah Propinsi dan Pemerintah Daerah, berupaya melakukan terobosan-terobosan dan inovasi-inovasi dalam bidang pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di daerahnya masing- masing. Inovasi-inovasi dalam pelayanan publik ini diselenggarakan oleh pemerintah pusat sampai pemerintah daerah guna mendekatkan pelayanannya pada publik dengan harapan bisa terwujudnya pelayanan yang baik dan berkualitas serta membahagiakan.
Download File   Dendy Eta Mirlana

Judul : Analisis Minat Mahasiswa dalam Berinvestasi Saham pada Galeri Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi Universitas Madura (Interest Analysis of Students In Investing Stock on Indonesia Stock Exchange Gallery Faculty of Economic Madura University)
Pengarang : SUBHAN
Abstraksi : Fakultas Ekonomi merupakan salah satu fakultas di universitas madura memiliki galeri investasi. Melalui galeri ini akan menjadi media bagi mahasiswa Universitas Madura untuk berinvestasi saham di pasar modal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi pasar modal, modal investasi minimal, dan return pada minat mahasiswa berinvestasi saham. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 275 responden yaitu 183 mahasiswa program studi manajemen dan 92 mahasiswa program studi akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Madura. Metode pengambilan sampel yang digunakan peneliti pada setiap prodi adalah proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa edukasi pasar modal, modal investasi minimal, dan return secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi saham.
Download File   SUBHAN