Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII


Koordinasi Penanggungjawab dan Pengelola KIPK PT di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII Tahun 2021 Angkatan I

18 December, 2021

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII mengadakan Kegiatan Koordinasi Penanggungjawab dan Pengelola KIPK Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII Tahun 2021 Angkatan I. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 16 17 Desember 2021 dan bertempat di Fave Hotel Sidoarjo, dihadiri oleh 116 peserta yang merupakan pengelola KIPK Perguruan Tinggi di Jawa Timur.
Sekretaris LLDIKTI Wilayah VII, Dr Widyo Winarso, M.Pd menyampaikan bahwa Kegiatan ini diharapkan menghasilkan satu pemahaman yang menjadi standar operasional terkait pengelolaan KIP Kuliah kepada Perguruan Tinggi, sehingga penyaluran KIP Kuliah kepada mahasiswa penerima tidak mengalami kendala.
Narasumber pada kegiatan ini yaitu Dr Maralus Pangabean M Sc Auditor Ahli Utama Insprektorat Jendral Kemdikbudristek, Dr Muni Ika, M Pd dari Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), serta Yon Sugiarto, S Si M Sc dari Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik).
Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) sejak tahun 2020 sebagai salah satu bentuk bantuan pendidikan yang diberikan pemerintah kepada lulusan SMA, SMK atau sederajat dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi atau akademi, sehingga akuntabilitas pelaporan pengelolaan dana biaya pendidikan dan biaya hidup KIP Kuliah oleh Perguruan Tinggi penerima KIP Kuliah dapat terwujud.