Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII


Workshop Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Perguruan Tinggi

09 December, 2021

Workshop Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Perguruan Tinggi


      Gresik Demi membuka paradigma baru terhadap sistem pembelajaran yang menjawab tantangan zaman dewasa ini, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII mengadakan Workshop Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Perguruan Tinggi. Digelar pada tanggal 8 Desember 2021, bertempat di kampus Universitas Muhammadiyah Gresik.


60 peserta terdiri dari Dekan, Kaprodi, dan Tim Penyusun Kurikulum PT menghadiri acara yang bertujuan untuk memperoleh wawasan dalam penyusunan kurikulum serta persamaan persepsi dalam prinsip implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) di perguruan tinggi. 


Dalam pembukaannya, Prof Dr Ir Soeprapto, DEA mewajibkan agar kegiatan magang yang dijalankan berdurasi setidaknya satu semester. "Hal itu agar lebih menstimulasi dan mengenalkan  lingkungan kerja yang utuh dan nyata kepada mahasiswa," imbuh Kepala Lembaga LLDikti Wilayah VII tersebut.


      Drs Kuncoro Foe, G Dip Sc Ph D Apt menuturkan bahwa MBKM adalah fasilitator, sedangkan kurikulum berbasis OBE (Outcome-Based Education) adalah salah satu roh dalam mencapai tujuan karena konsep OBE yang fleksibel, lebih terarah dan koheren. Bertindak sebagai narasumber kedua, Prof Dr Tatik Suryani, M M memberikan materi tentang implementasi dan penjaminan mutu kurikulum berbasis Capaian Pembelajaran yang mendukung kebijakan MBKM.


      Sistematika program MBKM ini sendiri memiliki 8 bentuk kegiatan, antara lain: pertukaran mahasiswa, magang/kegiatan praktik kerja, asistensi mengajar pada satuan pendidikan, penelitian, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi atau proyek independen, serta pembangunan desa melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik.